Tuesday, April 30, 2013

Rivalitas Italia Utara-Selatan




Hallo sahabat Kabar Olahraga,kali ini saya akan membahas tentang Rivalitas Italia Utara-Selatan.Kita ketahui bersama bahwa Serie A liga Italia adalah salah satu liga terbaik dunia,banyak club-club top eropa yang berjuang untuk menjadi yang terbaik di Italia termasuk Juventus dan Napoli.Namun sebagian dari kita belum mengetahui apa dan bagaimana di balik itu semua,sekarang kita langsung aja ke pembahasan bsingkat tentang perseteruan 2 region di Negeri Spageti tersebut,ceck this out.

Italia telah bersatu sejak tahun 1861,ketika itu sejumlah kerajaan yang berada di utara dan selatan semenanjung Italia menggabungkan diri di bawah satu payung kekuasaan bernama kerajaan Italia.Meski sudah 150 tahun merdeka,negeri ini masih sulit bersatu.
Sejak mendeklarasikan diri sebagai negara tunggal,dua bagian Negeri Pizza tersebut memang sulit akur.Salah satu penyebabnya adalah faktor kejomplangan ekonomi di dua region.
Wilayah utara menjadi wilayah industri modern,yang dengan cepat berkembang menjadi kekuatan ekonomi kapitalis.Sementara itu,wilayah selatan terjebak dengan sektor agrikulltural nan tradisional.


 Perbedaan itu masih terasa hingga saat ini.Menurut laporan Banca d'Italia alias Bank Central Italia pada 2011.Produk domestik bruto di wilayah selatan lebih rendah 40 persen  jika dibandingkan saudaranya di  wilayah utara maupun di wilayah tengah.
Pertentangan itu di perparah dengan tak adanya dukungan politik buat wilayah Italia selatan.Ibu kota Roma,yang berada di wilayah Italia tengah,memiliki kecenderungan pro terhadap wilayah Italia utara.
Dalam sepakbola,rivalitas wilayah utara dan selatan juga sangat terasa.Kekuatan ekonomi juga berdampak pada prestasi club kedua kubu tersebut.
Tim di bagian atas semenanjung sangat dominan.Hal ini tercermin dari jumlah scudetto yang berhasil di kumpulkan triumvirat Juventus-AC Milan-Inter Milan (64) gelar sejak kompetisi sepak bola nasional Italia pertama di gelar pada tahun 1898.
Bandingkan dengan koleksi Napoli,club asal kota Naples ini hanya mampu mengoleksi dua gelar liga Italia.Sedangkan wakil dari ibu kota Italia,yang di dunia calcio di golongkan pada kekuatan Italia selatan,pun hanya mampu mengoleksi 5 gelar : Roma (3),Lazio (2).
Perbedaan yang jomplang tersebut membuat tifosi tim wilayah selatan akan sangat bersemangat untuk mendukung klub pujaanya ketika tim wilayah utara datang bertandang.
Maklum,mereka datang tak hanya untuk membela timnya,tetapi juga ingin memberikan pelajaran bagi si kaya bahwa mereka juga mampu bersaing.

"Pertemuan kami dan Juventus bukan hanya pertarungan dua tim hebat dalam sepak bola,tapi juga secara kultural,"ucap Presiden Napoli Aurelio De Laurentis.Ini menandai bahwa saat ini Napoli dan Juventus adalah dua tim peringkat teratas Serie A liga Italia karena merupakan simbol sepakbola wilayah utara dan wilayah selatan.
Napoli adalah salah satu club legendaris italia,di sinilah tempat di mana Diego Armando Maradona menemukan karir puncaknya sebagai pemain sepak bola profesional hingga membawanya menjadi salah satu pesepakbola terbaik sepanjang masa.


Selain itu club yang bernama asli Societa Sportiva Calcio Napoli ini telah memenangi 2 gelar Seria A Italia (1986-87,1989-90),1 gelar juara liga UEFA (1988-1989),4 gelar piala Italia (1961-62,1975-76,1986-87,2011-12),1 gelar piala super Italia (1990),di dunia sepak bola modern nama Napoli kembali  melejit saat untuk pertama kalinya sejak 21 tahun yang lalu mereka kembali masuk ke liga champion eropa namun torehan ini tidak lepas dari peran seorang Edinson Cavani pemain yang kini menjadi incaran club-club top Eropa termasuk sang rival mereka di Italia Juventus.
Bersama Napoli striker gondrong asal Uruguay tersebut mampu menjadi topskor sementara Serie A liga Italia dengan koleksi 23gol,hingga membawa Napoli berpeluang masuk ke zona liga champion untuk kali kedua dalam 3 musim terakhir.Padahal 1 dekade yang lalu Napoli harus merasakan masa-masa yang berat yang membuat mereka terlempar dari Serie A liga Italia ke Serie C liga Italia.

Sekian postingan saya kali ini,
Bravo Olahraga !!!

No comments:

Post a Comment